[BELANDA] Legalisasi Akta Lahir

June 23, 2008


LEGALISASI AKTA LAHIR

Artikel ini membahas pengurusan akta lahir terutama untuk ke Belanda (berbeda di legalisasi akhirnya aja, klo mo ke Belanda ya ke kedubes Belanda, 2 kali).

Berikut kutipan dari artikel di web PPI Delft dan saya (Islah) tambahkan dengan tulisan hijau: http://ppidelft.net/index.php?option=com_content&task=view&id=23&Itemid=1

2. Apakah perlu membawa legalisasi/transkrip akte lahir?

Tergantung kota masing-masing, kadang masih perlu, kadang tidak. Contohnya, Eindhoven perlu sementara Enschede (Twente) tidak. Kalau tidak perlu, lanjut ke nomer 5. BTW, urusan akte berkaitan dengan pihak IND bukan universitas.


3. Bagaimana cara mengurus legalisasi akte lahir?

Ok, jadi kota anda mensyaratkan akte lahir. Pertama, akte lahir yg bisa digunakan adalah akte “baru” alias berumur paling lama 5 tahun. Kemungkinan besar akte lahir anda dikeluarkan puluhan tahun yang lalu, maka perlu diperbarui (kutipan).

Urusan perbaruan:

Hubungi catatan sipil tempat kelahiran anda, mereka akan menanyakan alasan anda (demi kepraktisan, alasan hilang sering digunakan). Mereka akan memberitahukan persyaratannya. Lama pengurusan mungkin sekitar 7-10 hari. Biaya 30rb.

Bila memakai alasan “hilang”, mungkin memerlukan surat keterangan “hilang” tersebut, pergi saja ke kantor polisi. Biasanya yang diperlukan di kantor polisi adalah Kartu keluarga dan KTP.


4. Bagaimana cara mengurus legalisasi penterjemahan akte lahir?

Bagus, anda sudah memperoleh kutipan akte lahir. Kalau mau mudah, hubungi agen penerjemah tersumpah. Hati-hati pilih agen. Agen di jalan Saharjo yang selama ini terpercaya, relative murah, dan pasti. Pertanggal 17 Juni 2008, tarifnya 1,2 juta(cat: tarif ke kedubes 2 x 369rb), khusus pelajar diskon 50rb, waktu pengurusan 8-10 hari kerja. Tempatnya, setelah Pasaraya Manggarai ke arah Pancoran, sekitar 200m di sebelah kiri jalan. Bagi anda yang diluar Jakarta, lebih murah lewat biro aja mengingat biaya transport dan living in Jkt.

Ediati Kamil
Jl. Dr. Saharjo No.39
Jakarta 12850
T. +62-21-830 6319

HP. 0813 81 81 58 02

Bila ingin mengurus sendiri:

(diambil dari Ilan Asqolani, http://groups.yahoo.com/group/stuned2005/message/309?l=1):

Abis memperbarui ke Dep Hukum and HAM (legalisasi dapat dilakukan jika specimen tanda tangan pejabat yang menandatangani akta anda sudah ada disana, untuk memastikan minta aja ke cat sipil dalam selembar kertas berisi nama, jabatan, alamat, contoh tanda tangan dan distempel) untuk legalisasi terus ke Deplu abis itu ke Dutch Embassy. baru deh ditranslate. hanya penterjemah tertentu yang diakui oleh Dutch Embassy yang bisa nerjemahin and yang paling gampang sih ya Saharjo tadi. abis itu untuk proses akhir balik lagi ke Dutch embassy (jadi dating ke Dutch Embassy 2 kali dengan masing2 kedatangan bayar Rp. 307.500,-(369.000 per 17 Juni 2008)). (proses di setiap tempat 2 hari kerja)

(diambil dari Tomi Haryadi, http://groups.yahoo.com/group/stuned2005/message/311?l=1):

Ternyata ngurus akte kelahiran itu gak terlalu rumit, asal bisa meluangkan waktu sedikit. Bagi yang sama sekali belum punya akte, bisa disiapkan :

1. Fotokopi ijazah SMA.
2. Fotokopi Kartu Keluarga,
3. Fotokopi KTP,
4. Fotokopi akte kenal lahir (kalo ada).

Trus bawa ke kelurahan minta surat pengantar ke catatan sipil (langsung jadi), trus ke catatan sipil wilayah masing2 (jakarta timur, barat, dsb…). Tunggu 1 atw 2 hari akte lgsng jadi. Jangan lupa minta kopian yang dilegalisir sekalian. Trus tinggal bawa ke depkeh (di sela2 jam istirahat aja) (prosesnya 2 hari kerja, bayar 10 rb lewat BNI), deplu, ke kedutaan, terjemahin (di saharjo 39 aja, 10 menit dari kedutaan belanda, naik metromini 620 jur Manggarai), dan ke kedutaan lagi. Emang keliatan repot, tapi kalo dicicil gak begitu terasa. Jauh lebih hemat urus sendiri.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: